IMPLEMENTASI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR

Authors

  • Ipong Dekawati Universitas Wiralodra
  • Nunik Yudaningsih Universitas Wiralodra
  • Wresni Pujiyati Universitas Wiralodra
  • Rizki Satria Nugraha Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i2.206

Keywords:

Pelatihan Guru, Pengembangan Guru, Kemampuan Mengajar

Abstract

Abstrak-Kemajuan pendidikan merupakan tolak ukur dinamisasi suatu bangsa. Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia (human investment). Demikian pentingnya investasi sumber daya manusia ini untuk membangun negeri pada masa sekarang dan masa hadapan, maka proses pendidikan harus bagus. Apabila proses investasi sumber daya manusia (SDM) tersebut dilakukan dengan efisien dan efektif, maka sudah barang tentu investasi SDM memiliki value (nilai) yang sangat strategis. Dikatakan demikian, karena bagaimanapun dinamika perkembangan dan pembangunan negara berada pada tanggung jawab mereka yang sekarang sedang menjalani proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengungkapkan hubungan antar variabel dan dinyatakan dalam angka serta menjelaskannya dengan membandingkan antara teori-teori yang telah ada.  Objek penelitian adalah seluruh sekolah luar biasa (SLB) Negeri 2 Indramayu. Setelah melaksanakan penelitian, kemudian menganalisis dan mengkajinya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelatihan guru berpengaruh positif dan signifikan terkadap kemampuan mengajar guru. (2) Pengembangan guru berpengaruh positif dan signifikan terkadap kemampuan mengajar guru. (3) Pelatihan dan pengembangan guru berpengaruh positif dan signifikan terkadap kemampuan mengajar guru. Setelah selesai penelitian ini ditargetkan dapat dipublikasikan pada EDUM (Education Administration – Sekolah Pascasarjana Unwir).

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Dekawati, I., Yudaningsih, N., Pujiyati, W., & Nugraha, R. S. (2025). IMPLEMENTASI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR. Edum Journal, 7(2), 193–218. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i2.206