KONTRIBUSI LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i2.16Keywords:
Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Guru, Mutu PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi lingkungan kerja dan disiplin kerja guru terhadap mutu pembelajaran baik secara parsial maupun ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi terdiri dari guru sekolah dasar yang berjumlah 183 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, dengan hasil perhitungan terdapat 65 orang guru sebagai responden Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling yang diambil dari setiap sekolah secara proporsional. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian diperoleh, bahwa: (1) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan, lingkungan kerja terhadap mutu pembelajaran; (2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan, disiplin kerja guru terhadap mutu pembelajaran (3) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan, lingkungan kerja dan disiplin kerja guru secara simultan terhadap mutu pembelajaran. Mengingat lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja guru, maka dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran, kepala sekolah perlu membantu para guru dalam memahami secara benar konsep lingkungan kerja dan disiplin kerja guru, serta konsep mutu pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan menambah wawasan dan pengetahuan dengan diikutsertakannya guru pada pelatihan profesi. Usahakan guru lebih intens mengikuti diskusi dan dinamika pada kelompok kerja guru (KKG).