PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i2.90Keywords:
Supervisi Akademik, Kemampuan Manajerial, Kinerja GuruAbstract
Abstrak-Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tataran institusional dan eksperiensial, sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek guru yang didukung oleh tenaga kependidikan lainnya. Karena proses pembelajaran bisa berjalan lancar jika dikelola oleh guru profesional dengan kinerja yang bagus. Banyak factor yang dapat mendorong peningkatan kinerja guru, antara lain supervisi akademik oleh pengawas dan kemampuan manajerial kepala madrasah. Oleh karena ityu focus penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak pelaksanaan supervisi akademik dan kemampuan majerial kepala madrasah terhadap kinerja guru baik parsial maupun ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 51 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja guru madrasah. (2) Kemampuan manajerial kepala madrasah berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja guru madrasah. (3) Pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas dan kemampuan manajerial kepala madrasah secara bersama-sama berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja guru madrasah.