PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i1.183Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Mutu SekolahAbstract
Abstrak-Pendidikan merupakan leading sector bagi dinamika perkembangan sektor lainnya. Negara-negara yang sudah lebih maju, mereka telah lebih dulu menyadari pentingnya mengembangkan sektor pendidikan menjadi prioritas utama. Guna pendidikan benar-benar menjadi andalan untuk mendukung perkembangan sektor lainnya, maka pendidikan harus bermutu. Harapannya adalah dengan melalui proses pendidikan yang bermutu, keinginan menghasilkan lulusan yang berkualitas memiliki kecenderungan dapat menjadi kenyataan. Banyak faktor yang mempengaruhi sekolah bermutu, diantaranya aspek kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Oleh karenanya, penulis melaksanakan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis besaran pengaruh kedua variabel tersebut baik secara parsial maupun ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada 49 responden yang merupakan guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap mutu sekolah. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara simultan terhadap mutu sekolah. Menurut penilaian responden, dimensi pelayan dan pengurus skornya paling rendah. Oleh karenanya, untuk meningkatkan mutu sekolah, kepala sekolah sebagai pimpinan harus mendorong agar warga sekolah terutama guru untuk melayani orangtua siswa dan pihak pemangku kepentingan melalui keterbukaan, komunikasi yang baik, keputusan yang rasional serta memahami apa yang diharapkan pelanggan dan para pemengku kepentingan tersebut. Merujuk pada penilaian responden bahwa tanggung jawab kepala sekolah beserta guru dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karenanya, disarankan agar kepala sekolah memberikan kepercayaan yang lebih besar melalui penunjukkan guru secara bergiliran diberi tanggung jawab menyukseskan program kegiatan sekolah. Melalui cara tersebut diharapkan rasa percaya diri guru meningkat sehingga tidak diliputi rasa keragu-raguan dalam melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawabnya.