KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN EFISIENSI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Betty Nur Rayanti SD Negeri 1 Cirendang-Kuningan
  • Ipong Dekawati Sekolah Pascasarjana Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.110

Keywords:

Mutu Pendidikan, Kepemimpinan Situasional, Efisiensi Media Pembelajaran.

Abstract

Abstrak-Mutu pendidikan merupakan salah satu hal utama yang perlu diperhatikan dalam suatu lembaga pendidikan atau sekolah. Dengan terjaminnya mutu pendidikan suatu sekolah maka siswa sebagai peserta didik bisa mendapatkan pendidikan yang maksimal dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa Mutu Pendidikan belum optimal. Hal tersebut diduga disebabkan oleh rendahnya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Efisiensi Media Pembelajaran guru. Karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 53 responden yang merupakan guru Sekolah Dasar Gugus Dewi Sartika di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah berkontribusi terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Gugus Dewi Sartika di Kecamatan kuningan Kabupaten kuningan, (2) Efisiensi Media Pembelajaran berkontribusi terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Gugus dewi sartika di Kecamatan kuningan Kabupaten kuningan, (3) Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Efisiensi Media Pembelajaran secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja Sekolah Dasar Gugus dewi sartika di Kecamatan kuningan Kabupaten kuningan. Melalu hasil analisis kepala sekolah diharapkan dapat membuat sebuah forum atau wadah bagi para guru dalam menuangkan ide dan gagasan mereka, sehingga hal tersebut diharapkan dapat memunculkan bentuk pengakuan dan dukungan dari kepala sekolah. Melengkapi fasilitas pembelajaran dengan yang bersifat interaktif dan manipulatif keadaan, peristiwa atau objek terkait konsep materi pelajaran yang dimiliki media pembelajaran. Menyesuaikan atau beradaptasi dalam menanggapi tuntutan situasi yang berubah-ubah

Downloads

Published

2022-04-05

How to Cite

Nur Rayanti, B., & Dekawati, I. (2022). KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN EFISIENSI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN . Edum Journal, 5(1), 15–34. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.110