Edum Journal https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal <p style="text-align: justify;">Edum Journal, an electronic international journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to education management. This journal is designed to lectures, researchers, mathematics school teachers, teacher educators, university students (Master and Doctoral) who want to publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about education management and its instructional. Besides regular writers, for each volume, the contents will be contributed by invited contributors who experts in &nbsp;education management either from Indonesia or abroad.</p> <p style="text-align: justify;">&nbsp;This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including:</p> <ul> <li class="show" style="text-align: justify;">Education Management</li> <li class="show" style="text-align: justify;">Education administration</li> <li class="show" style="text-align: justify;">Management of Learning</li> <li class="show" style="text-align: justify;">Evaluation of L</li> <li class="show" style="text-align: justify;">Design Research</li> <li class="show" style="text-align: justify;">Development Research</li> </ul> en-US andrisupriadi@unwir.ac.id (Andri Supriadi) suripto@gmail.com (Suripto) Thu, 16 Nov 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH BUDAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI PESERTA PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/146 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganilis pengaruh budaya belajar dan motivasi belajar terhadap efikasi diri peserta pelatihan. Populasi terdiri dari peserta pelatihan yang tergabung dalam program PBK (Pelatihan Berbasis Kompetensi) tahun 2023 yang berjumlah 192 orang, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik slovin dengan tingkat kesalahan 5% yaitu sebanyak 130 orang. Latar belakang penelitian ini yaitu terdapat adanya indikasi permasalahan pada beberapa peserta pelatihan yang tidak menyukai budaya belajar dalam proses pelatihannya sehingga motivasi belajar dari peserta pelatihan berkurang dan berdampak pada efikasi diri peserta pelatihan, yang mana efikasi diri sangatlah berperan penting sebagai modal untuk memasuki dunia kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS-25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) budaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri peserta pelatihan, 2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri peserta pelatihan, 3) budaya belajar dan motivasi belajar secara simultan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap efikasi diri peserta pelatihan berbasis kompetensi.</p> Anis Setiawati, Sudadio Sudadio, Dadan Darmawan Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/146 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 PEMANFAATAN PLATFORM E-LEARNING BERBASIS CLOUD COMPUTING UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/144 <p>Pembelajaran jarak jauh telah menjadi alternatif yang signifikan dalam konteks pendidikan modern, terutama di masa pandemi saat ini. Dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh, penggunaan platform e-learning berbasis cloud computing telah muncul sebagai solusi yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan platform e-learning berbasis cloud computing dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh serta mengkaji dampaknya terhadap keterlibatan siswa.</p> <p>Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan platform e-learning berbasis cloud computing memberikan dampak positif yang signifikan terhadap efektivitas pembelajaran jarak jauh. Platform ini memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran secara fleksibel dan berinteraksi dengan sesama siswa dan pendidik, meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu, platform e-learning berbasis cloud computing memfasilitasi pemantauan dan evaluasi pembelajaran yang efektif. Pendidik dapat melacak kemajuan siswa secara individual, memberikan umpan balik yang tepat waktu, dan menyelaraskan strategi pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa. Hal ini memungkinkan adanya pendekatan pembelajaran yang lebih personal dan adaptif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami potensi dan manfaat pemanfaatan platform e-learning berbasis cloud computing dalam pembelajaran jarak jauh. Implikasi penelitian ini menunjukkan perlunya integrasi platform e-learning berbasis cloud computing dalam praktik pembelajaran jarak jauh, dengan memperhatikan infrastruktur teknologi yang memadai, pelatihan bagi pendidik dan siswa, serta pemantauan yang berkelanjutan terhadap efektivitas penggunaannya.</p> <p>Dengan demikian, penggunaan platform e-learning berbasis cloud computing dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh, mendorong keterlibatan siswa, dan memfasilitasi pemantauan serta evaluasi pembelajaran.</p> <p><strong>&nbsp;</strong><strong>Kata Kunci : </strong><em>e-learning</em>, <em>cloud computing</em>, pembelajaran jarak jauh, efektivitas pembelajaran, keterlibatan siswa,</p> Iman Cahyanto Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/144 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENANAMAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP MAHASISWA DI STIKES MITRA RIA HUSADA JAKARTA https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/151 <p>Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan bangsa, karena melalui pendidikan kita bisa mengarahkan, menuntun dan membina insan-insan yang cerdas, berakhlak mulia serta mandiri. Masalah pendidikan adalah topik yang tidak ada habisnya dibicarakan di Indonesia. Setelah sekian lama pendidikan di Indonesia berjalan, meskipun mengalami banyak kemajuan, masih saja menyisakan banyak permasalahan yang justru lebih esensial dari sekedar peningkatan lembaga pendidikan formal di Indonesia. Tujuan Penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan penanaman <em>Civic Knowledge</em> melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap mahasiswa STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, (2) Untuk mendeskripsikan penanaman <em>Civic Disposition</em> melalui pembelajaran Pendidikan &nbsp;ewarganegaraan terhadap mahasiswa STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, (3) Untuk mendeskripsikan penanaman <em>Civic Skill</em> melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap mahasiswa STIKes Mitra RIA Husada Jakarta. Peneliti melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dikarenakan peneliti ingin mengetahui perspektif subjek penelitian secara alami yaitu dengan cara mengumpulkan dan menyusun hasil wawancara narasumber yakni mahasiswa semester 2 Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat dan Sarjana Terapan Kebidanan di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta, mengenai penanaman kompetensi kewarganegaraan melalui pembelajaran kewarganegaraan terhadap mahasiswa. Penelitian ini hanya dapat dijelaskan untuk mengetahui rumusan masalah penelitian. Oleh Karena itu, menggunakan metode penelitian ini dapat membantu peneliti agar dapat menganalisis dan menjawab persoalan yang tertera pada rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitu tahap pertama tahap pengumpulan data, tahap kedua tahap reduksi data, kemudian penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Peneliti pemeriksaan atau pengecekan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) adalah upaya mengembangkan kualitas warga negara secara dalam berbagai aspek kehidupan. Penanaman <em>Civic Knowledge</em> melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap mahasiswa di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Tahun 2022 yaitu dengan menggunakan variasi pembelajaran yang menarik dan menggunakan media pembelajaran audio visual. Penanaman <em>Civic Disposition</em> melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap mahasiswa di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Tahun 2022 yaitu dengan pemberian nasihat dan pesan moral kepada mahasiswa serta&nbsp; dosen menjadi teladan. Penanaman <em>Civic Skills</em> melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap mahasiswa di STIKes Mitra RIA Husada Jakarta Tahun 2022 yaitu dengan pemberian contoh atau teladan dari dosen.</p> <p>&nbsp;</p> Lutfi Hardiyanto, Siti Khodijah, Dina Martha Fitri Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/151 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GABUSWETAN KABUPATEN INDRAMAYU https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/129 <p>Salah satu faktor suksesnya mutu pendidikan di sebuah lembaga pendidikan adalah kinerja guru di sekolah tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini menelaah faktor yang mempengaruhi kinerja guru, terutama menyangkut faktor gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa besarnya pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah guru baik secara tersendiri maupun secara bersama-sama terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar di Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang didasarkan pada perhitungan angka atau statistik dari suatu variabel yang akan diteliti secara terpisah dan kemudian dihubungkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu. Besar adalah 21,20% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel budaya sekolah dan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu. Besar pengaruhnya adalah 10,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah dan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu. Besar pengaruhnya adalah 45% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p> Farah Zihan Bajrie, Wresni Pujiyati Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/129 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PEMBINAAN GURU DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KOMITMEN GURU https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/152 <p>Abstrak-Memiliki guru yang berkomitmen sangatlah krusial dalam konteks pendidikan. Komitmen guru mencerminkan tekad dan dedikasi mereka dalam melaksanakan tugas mengajar dan membimbing siswa. Komitmen guru Sekolah Dasara Negeri Kecamatan Sirampong dinilai masih kurang. Melalui observasi awal yang dilakukan oleh peneliti hal tersebut diduga disebabkan oleh rendahnya pembinaan guru dan kompetensi profesional guru. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu melakukan penelitian agar dapat diuji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembinaan guru dan kompetensi profesional terhadap komitmen guru sekolah dasar negeri Kecamatan Sirampng Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 57 responden yang merupakan guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sirampong Kabupaten Brebes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Pembinaan guru berpengaruh terhadap komitmen guru sekolah dasar, (2) Kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap komitmen guru, (3) Pembinaan guru dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap komitmen guru sekolah dasar. Upaya pembinaan guru yang efektif dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pertemuan individual dan demonstrasi mengajar, melalui pelatihan komunikasi dan manajerial serta memberikan pedoman yang jelas. Untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dan komitmen mereka, diperlukan langkah-langkah konkret seperti pelatihan yang berfokus pada kebutuhan guru, pengembangan kurikulum yang mendukung peningkatan kompetensi, dan meningkatkan akses guru terhadap sumber daya pendukung seperti bahan pengajaran yang berkualitas. Membangun lingkungan yang mendukung, dan melibatkan guru dalam pengambilan keputusan terkait pembelajaran dan kebijakan sekolah.</p> Khomarudin Khomarudin Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/152 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN PENGEMBANGAN DIRI GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/150 <p>Kompetensi profesional guru sebagai salah satu penunjang keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas fungsionalnya masih kurang. Berdasarkan hasil observasi awal diduga hal tersebut disebabkan oleh rendahnya supervisi kepala sekolah dan pengembangan diri guru. Karena itu, perlu dilakukan penelitian agar dapat diuji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh supervisi kepala sekolah dan pengembangan diri guru terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Hipotesis penelitian ini adalah: (1) Supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, (2) Pengembangan diri guru berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, (3) Supervisi kepala sekolah dan pengembangan diri guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 48 responden yang merupakan guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Berdasarkan temuan peneliti maka dalam hal ini kepala sekolah dapat memberikan kesempatan kepada bawahan agar terciptanya waktu untuk melakukan diskusi sehingga bentuk kirtik dan saran yang dapat membangun dapat tersampaikan dan menjadi titik tolak kemajuan berkegiatan, salah satu bentuk dari ruang diskusi tersebut adalah dengan melakukan kajian dalam pembaharuan program yang saat ini telah diterapkan dan penyesuaian terhadap kebutuhan saat ini. Kepala sekolah dapat membuat suatu program yang fokus utama merupakan kegiatan kolektif guru. Dengan demikian akan terjadi pertukaran informasi tidak hanya dengan bidang yang terkait namun juga membuka peluan terjadinya pertukaran referensi bidang ilmu pengetahuan.</p> Ruhita Ruhita, Dodi Priyanto, Andri Supriadi Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/150 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS BIBLIOMETRIK MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/149 <p>Penelitian ini bertujuan menganalisis tren publikasi dan pemetaan riset terkait manajemen mutu pendidikan yang dilakukan menggunakan VOSViwer. Penelitian ini menggunakan metode bibliometrik. Sumber data yang digunakan berasal dari CrossRef dengan tahun publikasi mulai tahun pada 2010 hingga tahun 2023. &nbsp;Pencarian data menghasilkan total 615 artikel berbahasa inggris, 2309 sitasi, 117 sitasi per tahun, 3.7 sitasi per artikel. Selanjutnya data yang telah didapatkan dianalisis menggunakan VOSViwer. Hasil analisis tren menunjukkan bahwa dalam tiga tahun terakhir terjadi kenaikan publikasi pada topik manajemen mutu pendidikan dengan jumlah 57 artikel pada 2020, 50 artikel pada 2021 dan puncaknya 79 artikel pada 2022. Dalam pemetaan publikasi menggunakan VOSViwer menunjukkan bahwa terdapat tujuh cluster pada yang berhasil digambarkan dalam penelitian ini. Kata kunci yang paling banyak muncul adalah Quality, Education dan Higher Education. Dari riset ini diharapkan peneliti nantinya dapat menemukan novelty pada topik manajemen mutu pendidikan, salah satu contoh yang dihasilkan dari penelitian ini adalah belum adanya penelitian yang membahas tentang korelasi antara manajemen mutu dengan pembelajaran daring atau elearning.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> Muthahharah Thahir, Irmawati Irmawati, Wahyuni Thahir, Badrud Tamam Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/149 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH LINGKUNGAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/153 <p>Abstrak-Penelitian ini mengangkat tema prestasi kerja guru, yang menyoroti berbagai prestasi yang telah dicapai oleh para pahlawan pendidikan ini dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka. Prestasi kerja guru tidak hanya terlihat dari hasil akademik siswa, tetapi juga dari dedikasi mereka dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, inovatif, dan berdaya dorong. Prestasi kerja guru di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes dinilai masih rendah. Berdasarkan hasil observasi awal diduga hal tersebut disebabkan oleh rendahnya lingkungan sekolah dan iklim sekolah guru. Karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh lingkungan sekolah dan iklim sekolah terhadap prestasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 61 responden yang merupakan guru SMP Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi kerja guru; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap prestasi kerja guru; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi kerja guru. Artinya, semakin tinggi kualitas lingkungan sekolah dan iklim sekolah secara simultan, maka semakin tinggi pula prestasi kerja guru. Agar menjadi lebih baik maka perlu dilakukannya perbaikan dan perhatian terhadap lingkungan sekolah serta aspek-aspek yang mempengaruhi prestasi kerja guru di SMP Negeri Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Penting bagi pihak sekolah dan terkait untuk memberikan dukungan yang memadai kepada guru, seperti peluang pengembangan profesional, waktu dan sumber daya yang cukup, serta penghargaan yang layak.</p> Dinda Faizah Jelita Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/153 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0000 PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/156 <p>Abstrak-Menjadi bangsa yang memiliki karakter disiplin tinggi dimulai dari unit terkecil yaitu individu untuk selanjutnya dikembangkan disiplin dalam keluarga untuk kemudian membangun masyarakat cinta disiplin. Disiplin diri, keluarga dan bangsa tentunya dimulai dari sejak kecil. Secara formal pendisiplinan dibentuk di sekolah. Siswa dituntut untuk berperilaku disiplin agar menjadi kebiasaan yang mendarah daging (internalized). Di sekolah agak sulit mendisiplinkan siswa manakala gurunya tidak disiplin. Maknanya sebelum mendisiplinkan siswa terlebih dulu gurunya harus disiplin. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap disiplin kerja guru. Di antaranya pembinaan dan pemberdayaan guru. Dalam penelitian ini ingin menganalisis kontribusi pembinaan dan pemberdayaan guru terhadap disiplin kerja guru baik secara parsial maupun gabungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 42 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan pembinaan guru terhadap disiplin kerja guru. (2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan pemberdayaan guru terhadap disiplin kerja guru. (3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan pembinaan dan pemberdayaan guru terhadap disiplin kerja guru. Beranjak dari kondisi tersebut, penulis menyarankan, bahwa: (1) Berdasarkan pengolahan data, dimensi yang mendapat penilaian terendah dari dimensi pembinaan guru adalah program supervisi pendidikan. Penulis menghimbau agar supervisi dilakukan secara lebih terkoordinasi dimulai dari program, jadwal supervisi hingga masalah yang ditemui sehingga guru yang disupervisi menyadari kekurangannya serta merasakan kebermanfaatan dari program supervisi yang dilaksanakan. Pada sisi pemberdayaan guru, dimensi yang mendapat penilaian terendah adalah dimensi kejelasan. Berdasarkan kondisi tersebut penulis menyarankan&nbsp; agar program pemberdayaan guru hingga pelaksanaannya dilakukan secara transparan agar guru yang bersangkutan mengetahui tujuan dilaksanakannya pemberdayaan sehingga guru memahami dan menyadari pentingnya pemberdayaan guru guna peningkatan keunggulan institusi (sekolah) tempayna bekerja.</p> Satiwi Satiwi, Ipong Dekawati Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/156 Sat, 16 Dec 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI EKS KEWEDANAAN INDRAMAYU PADA MASA PANDEMI COVID-19 https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/142 <p>Kepala sekolah berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep manajerial sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, maka kepala sekolah dengan tanggung jawab yang diembannya diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain kepala sekolah, tenaga pendidik sebagai komponen utama dan pemegang tampuk pendidikan memainkan peranan yang sangat penting terhadap keberhasilan pendidikan. Selain standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, motivasi kerja memainkan peranan yang cukup penting dalam membentuk kinerja seorang guru. Dengan motivasi kerja yang baik bisa membentuk karakteristik psikologis yang bisa memberikan kontribusi pada tingkat kinerja seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis:(1) seberapa besar pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) Seberapa besar pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 77 responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19, (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19, (3) kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19.</p> Musrinih Musrinih Copyright (c) 2023 Universitas Wiralodra https://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/142 Sat, 16 Dec 2023 00:00:00 +0000