ANALISIS FAKTOR MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 7 DAN SMP NEGERI 23 KABUPATEN SELUMA

Authors

  • Eka Erlianti SMP Negeri 43 Kabupaten Seluma
  • Syaiful Anwar
  • Asti Putri Kartiwi
  • Badrud Tamam Sekolah Pascasarjana Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i2.85

Keywords:

Sekolah Menengah Pertama, Pembelajaran Bahasa Inggris, Minat Siswa

Abstract

Abstrak – pembelajaran bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di Sekolah Menengah Pertama, Yang menjadi kendala bahasa inggris bukan merupakan bahasa sehari-hari sehingga pembelajaran bahasa inggris sering menjadi kendala dalam pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor penunjang dan faktor penghambat pembelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 7 dan SMP Negeri 23 Kabupaten Seluma. Metode penelitian yang digunakan adalah komparatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru mata pelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 7 dan SMP Negeri 23 Kabupaten Seluma. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian mengemukakan bahwa faktor pendukung pembelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 7 Seluma berupa kegiatan English Day lebih mampu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris di bandingkan pemebelajaran secara konvensional seperti yang dilakukan di SMP Negeri 23 kabupaten Seluma. Faktor penghambat pada kedua sekolah ini adalah pembuatan RPS pembelajaran dan secara khusus pada SMP Negeri 23 Kabupaten Seluma belum terdapat laboratorium bahasa seperti di SMP Negeri 7 Kabupaten Seluma. Saran diberikan kepada kepala sekolah dan dinas pendidikan kabupaten Seluma untuk memfasilitasi sarana pembelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 7 dan SMP Negeri 23 Kabupaten Seluma karena pembelajaran bahasa inggris merupakan salah satu mata pelajaran wajib sehingga fasilitas yang baik akan mampu meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran ini.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Erlianti, E., Anwar, S. ., Putri Kartiwi, A. ., & Tamam, B. (2021). ANALISIS FAKTOR MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 7 DAN SMP NEGERI 23 KABUPATEN SELUMA. Edum Journal, 4(2), 76–84. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i2.85