KOMPETENSI PEDAGOGIK: SUPERVISI AKADEMIK GURU SMA NEGERI DI KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i1.80Keywords:
Guru SMA, Kompetensi Paedagogik, Supervisi AkademikAbstract
Abstrak – Guru yang profesional tidak hanya perlu menguasai ilmu pengetahuan, bahan ajar, metode pembelajaran, memotivasi siswa, serta memiliki keterampilan yang tinggi dan wawasan yang luas dalam bidang pendidikan, tetapi juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakikat manusia dan masyarakat. Supervisi merupakan salah satu faktor yang membuat guru termotivasi untuk terus meningkatkan kompetensinya. Berdasarkan pernyataan tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi paedagogik guru SMA Negeri di Provinsi Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 152 orang guru SMA Negeri yang berstatus PNS di lingkungan Provinsi Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan regresi sederhana dengan pengujian hipotesis. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi paedagogik guru SMA Negeri di Provinsi Bengkulu. Saran di berikan kepada kepala sekolah dan pengawas untuk terus melaksanakan suprvisi akademik guru demi menunjang peningkatan kompetensi guru pada SMA Negeri di Provinsi Bengkulu.