ANALISIS BIBLIOMETRIK MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Muthahharah Thahir Universitas Ma’soem, Sumedang, Indonesia
  • Irmawati Irmawati Universitas Negeri Makasar
  • Wahyuni Thahir MTs Sultan Hasanuddin
  • Badrud Tamam Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i2.149

Keywords:

Bibliometric, CrossRef, Manajemen Mutu

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tren publikasi dan pemetaan riset terkait manajemen mutu pendidikan yang dilakukan menggunakan VOSViwer. Penelitian ini menggunakan metode bibliometrik. Sumber data yang digunakan berasal dari CrossRef dengan tahun publikasi mulai tahun pada 2010 hingga tahun 2023.  Pencarian data menghasilkan total 615 artikel berbahasa inggris, 2309 sitasi, 117 sitasi per tahun, 3.7 sitasi per artikel. Selanjutnya data yang telah didapatkan dianalisis menggunakan VOSViwer. Hasil analisis tren menunjukkan bahwa dalam tiga tahun terakhir terjadi kenaikan publikasi pada topik manajemen mutu pendidikan dengan jumlah 57 artikel pada 2020, 50 artikel pada 2021 dan puncaknya 79 artikel pada 2022. Dalam pemetaan publikasi menggunakan VOSViwer menunjukkan bahwa terdapat tujuh cluster pada yang berhasil digambarkan dalam penelitian ini. Kata kunci yang paling banyak muncul adalah Quality, Education dan Higher Education. Dari riset ini diharapkan peneliti nantinya dapat menemukan novelty pada topik manajemen mutu pendidikan, salah satu contoh yang dihasilkan dari penelitian ini adalah belum adanya penelitian yang membahas tentang korelasi antara manajemen mutu dengan pembelajaran daring atau elearning.

 

 

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Thahir, M. ., Irmawati, I., Thahir, W. ., & Tamam, B. . (2023). ANALISIS BIBLIOMETRIK MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN. Edum Journal, 6(2), 89–100. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i2.149