PERAN MOTIVASI GURU PENGGERAK DALAM PELAKSANAAN TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI SMA KOLAKA UTARA

Authors

  • Junawati Junawati Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Rasid Rasid Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Lilianti Lilianti Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.305

Keywords:

Guru Penggerak, Transformasi Pembelajaran, Motivasi Intrinsik, Pendampingan Bertahap, Komunitas Pembelajaran Profesional

Abstract

Transformasi pembelajaran memerlukan agen perubahan yang dapat memotivasi dan membimbing implementasi inovasi pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran motivasi guru penggerak dalam pelaksanaan transformasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Kodeoha dan SMA Negeri 1 Pakue. Permasalahan utama yang dikaji adalah bagaimana strategi guru penggerak dalam membangun kesadaran, memberikan dukungan, dan memastikan keberlanjutan transformasi pembelajaran. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen serta informannya meliputi guru penggerak, kepala sekolah, guru mitra, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru penggerak berhasil membangun kesadaran kolektif dan momentum perubahan melalui pendekatan adaptif yang mencakup refleksi praktik, sharing pengalaman, dan pendampingan bertahap. Sistem dukungan komprehensif yang dikembangkan meliputi aspek teknis, pedagogis, dan psikologis melalui buddy teaching dan komunitas pembelajaran profesional. Transformasi pembelajaran berdampak pada meningkatnya partisipasi aktif siswa dan berkembangnya kemampuan berpikir kritis. Kesimpulannya, keberhasilan transformasi pembelajaran bergantung pada kemampuan guru penggerak dalam membangun motivasi intrinsik dan mengembangkan sistem dukungan berkelanjutan

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Junawati, J., Rasid, R., & Lilianti, L. (2025). PERAN MOTIVASI GURU PENGGERAK DALAM PELAKSANAAN TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI SMA KOLAKA UTARA. Edum Journal, 8(1), 201–216. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.305