IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.251Keywords:
teknologi informasi, manajemen PAUD, keterlibatan orang tuaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi teknologi informasi dalam manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Negeri 1 dan TK Negeri 2 Kendari. Masalah utama yang diidentifikasi adalah adanya kesenjangan antara pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan administrasi sekolah, yang memengaruhi efisiensi operasional dan keterlibatan orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di kedua lembaga tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Negeri 1 telah berhasil mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi, yang berdampak positif terhadap manajemen administrasi dan keterlibatan orang tua. Sebaliknya, TK Negeri 2 menghadapi tantangan dalam hal infrastruktur dan pelatihan guru, yang menghambat penerapan teknologi secara efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi penerapan teknologi yang terencana serta dukungan kebijakan pemerintah untuk mengatasi kendala tersebut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Universitas Wiralodra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.