TRANSFORMASI PENDIDIKAN: MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI

Authors

  • Asman Jaya Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Kasmawati Kasmawati Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Lilianti Lilianti Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Rahma Rahma Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Herlian Herlian Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i1.167

Keywords:

Transformasi Pendidikan, Model Pembelajaran Berbasis Teknologi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk menghadapi perubahan dinamis dalam sistem pendidikan. Tujuan utama penelitian adalah untuk menyelidiki dampak integrasi model pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Obyek penelitian ini adalah siswa di berbagai tingkatan pendidikan yang terlibat dalam proses pembelajaran dengan pendekatan berbasis teknologi. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan keterlibatan siswa, personalisasi pembelajaran, dan akses terhadap sumber daya pendidikan yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat belajar siswa, tercermin dari tingkat partisipasi yang lebih aktif dan responsif terhadap materi pembelajaran. Selain itu, prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, diukur melalui hasil evaluasi dan tes pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi model pembelajaran berbasis teknologi dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memanfaatkan potensi teknologi. Kontribusi penelitian ini melibatkan pengembangan model pembelajaran yang dapat diadopsi secara luas, serta memberikan dasar empiris untuk mendukung kebijakan pendidikan yang mendorong integrasi teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memandu praktisi dan pembuat kebijakan untuk memahami implikasi positif dari transformasi pendidikan melalui teknologi.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Jaya, A. ., Kasmawati, K., Lilianti, L., Rahma, R., & Herlian, H. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI. Edum Journal, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i1.167