IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU: TANTANGAN DAN PELUANG
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.303Keywords:
manajemen berbasis sekolah, pengembangan profesional guru, persepsi guru, kepemimpinan sekolahAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam pengembangan profesional guru di SMA Negeri 11 Kendari. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru terhadap implementasi MBS dan dampaknya terhadap pengembangan profesional mereka. Tujuan penelitian adalah menganalisis persepsi guru terhadap implementasi MBS dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitasnya dalam pengembangan profesional guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap guru-guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBS memberikan fleksibilitas dan otonomi yang lebih besar kepada guru dalam pengembangan pembelajaran, namun juga menimbulkan tantangan berupa peningkatan beban administratif. Temuan utama mengindikasikan bahwa keberhasilan implementasi MBS bergantung pada dukungan sistem, kepemimpinan sekolah yang efektif, dan partisipasi aktif komunitas sekolah. Selain itu, kolaborasi antara guru, orang tua, serta pemangku kepentingan lainnya turut memperkuat keberlanjutan program. Kejelasan regulasi, alokasi sumber daya yang memadai, serta evaluasi berkala juga menjadi faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah MBS dapat meningkatkan profesionalisme guru ketika didukung oleh strategi yang tepat dan keseimbangan antara otonomi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Universitas Wiralodra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.