IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU: TANTANGAN DAN PELUANG

Authors

  • Herliani Herliani Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Lilianti Lilianti Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Halima Halima Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.303

Keywords:

manajemen berbasis sekolah, pengembangan profesional guru, persepsi guru, kepemimpinan sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam pengembangan profesional guru di SMA Negeri 11 Kendari. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru terhadap implementasi MBS dan dampaknya terhadap pengembangan profesional mereka. Tujuan penelitian adalah menganalisis persepsi guru terhadap implementasi MBS dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitasnya dalam pengembangan profesional guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap guru-guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBS memberikan fleksibilitas dan otonomi yang lebih besar kepada guru dalam pengembangan pembelajaran, namun juga menimbulkan tantangan berupa peningkatan beban administratif. Temuan utama mengindikasikan bahwa keberhasilan implementasi MBS bergantung pada dukungan sistem, kepemimpinan sekolah yang efektif, dan partisipasi aktif komunitas sekolah. Selain itu, kolaborasi antara guru, orang tua, serta pemangku kepentingan lainnya turut memperkuat keberlanjutan program. Kejelasan regulasi, alokasi sumber daya yang memadai, serta evaluasi berkala juga menjadi faktor kunci dalam mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah MBS dapat meningkatkan profesionalisme guru ketika didukung oleh strategi yang tepat dan keseimbangan antara otonomi dan akuntabilitas dalam pengelolaan sekolah.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Herliani, H., Lilianti, L., & Halima, H. (2025). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU: TANTANGAN DAN PELUANG. Edum Journal, 8(1), 15–28. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.303