PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN PENGEMBANGAN DIRI GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Authors

  • Ruhita Ruhita Universitas Wiralodra
  • Dodi Priyanto SMKN 1 Panyingkiran
  • Andri Supriadi Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i2.150

Keywords:

Kompetensi Profesional, Pengembangan Diri. Supervisi Kepala Sekolah,

Abstract

Kompetensi profesional guru sebagai salah satu penunjang keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas fungsionalnya masih kurang. Berdasarkan hasil observasi awal diduga hal tersebut disebabkan oleh rendahnya supervisi kepala sekolah dan pengembangan diri guru. Karena itu, perlu dilakukan penelitian agar dapat diuji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh supervisi kepala sekolah dan pengembangan diri guru terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Hipotesis penelitian ini adalah: (1) Supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, (2) Pengembangan diri guru berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, (3) Supervisi kepala sekolah dan pengembangan diri guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 48 responden yang merupakan guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Berdasarkan temuan peneliti maka dalam hal ini kepala sekolah dapat memberikan kesempatan kepada bawahan agar terciptanya waktu untuk melakukan diskusi sehingga bentuk kirtik dan saran yang dapat membangun dapat tersampaikan dan menjadi titik tolak kemajuan berkegiatan, salah satu bentuk dari ruang diskusi tersebut adalah dengan melakukan kajian dalam pembaharuan program yang saat ini telah diterapkan dan penyesuaian terhadap kebutuhan saat ini. Kepala sekolah dapat membuat suatu program yang fokus utama merupakan kegiatan kolektif guru. Dengan demikian akan terjadi pertukaran informasi tidak hanya dengan bidang yang terkait namun juga membuka peluan terjadinya pertukaran referensi bidang ilmu pengetahuan.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Ruhita, R., Priyanto, D., & Supriadi, A. (2023). PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN PENGEMBANGAN DIRI GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Edum Journal, 6(2), 73–88. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i2.150