PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI KECAMATAN TUKDANA KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Wardani Wardani SMP Negeri Satu Atap 1 Tukdana Kabupaten Indramayu
  • Ruhita Ruhita Universitas Wiralodra
  • Andri Supriadi Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.139

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Mutu Pendidikan

Abstract

Perhatian utama pembahasan dalam penelitian ini adalah menyangkut kepemimpinan kepala sekolah dan Kinerja guru serta pengaruhnya terhadap mutu pendidikan SMP Negeri di Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu baik secara parsial maupun ganda. Metode penelitian menggunakan metoda survey terhadap guru SMP Negeri di Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Teknik pengumpulan data, selain melaksanakan observasi langsung, mengadakan wawancara dengan pihak terkait, dan menyebarkan angket terhadap 85 orang responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan SMP Negeri di Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi parsial adalah sebesar 20,8 %, sementara selebihnya sebanyak 79,2 % merupakan pengaruh lain. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kinerja guru terhadap mutu pendidikan SMP Negeri di Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi parsial adalah sebesar 27,5 %, sementara selebihnya sebanyak 72,5 % merupakan pengaruh lain. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan Kinerja guru secara simultan mutu pendidikan SMP Negeri di Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi ganda adalah sebesar 28%, sementara selebihnya sebanyak 71,5% merupakan pengaruh lain. Penulis menyarankan, bahwa:  (1) Selama ini kepemimpinan kepala sekolah telah berlangsung cukup baik. Artinya masih perlu ditingkatkan lagi, karena terbukti kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Salah satu cara untuk meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah adalah dengan memperbaiki perencanaan yaitu lebih melengkapi data sebelumnya agar perencanaan dibuat dengan data yang cukup, selanjutnya mengimplementasikan serta menindaklanjutinya. (2) Sesuai hasil penelitian bahwa kinerja guru berpengaruh secara signifikan terhadap mutu pendidikan. Oleh karena itu untuk meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kinerja guru melalui komunikasi yang baik, pemberian tanggung jawab yang jelas dan memberikan pengakuan atau apresiasi terhadap guru yang berprestasi.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Wardani, W., Ruhita, R., & Supriadi, A. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI KECAMATAN TUKDANA KABUPATEN INDRAMAYU. Edum Journal, 6(1), 31–54. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.139