MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN EKSPERIMEN HUJAN PELANGI

Authors

  • Wa Ode Murniati Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Usman Usman Univesitas Muhammadiyah Kendari
  • Risnajayanti Risnajayanti Univesitas Muhammadiyah Kendari
  • Rohmiati Rohmiati Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Hermanto Hermanto Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Roni Amaluddin Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.295

Keywords:

keterampilan sains, eksperimen pelangi, anak usia dini

Abstract

Keterampilan sains anak usia dini adalah keterampilan yang melibatkan kemampuan anak untuk mengeksplorasi, mengamati, dan memahami dunia di sekitar mereka melalui pengalaman langsung. Keterampilan ini sering dikembangkan melalui permainan, percobaan sederhana, dan interaksi dengan lingkungan. Berdasarkan observasi awal yang di lakukan peneliti mengenai keterampilan sains anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Wary Desa Lamanu Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna yang seluruhnya berjumlah 16 orang anak didik  dari jumlah tersebut hanya 18,75% atau sekitar 3 orang anak didik yang mampu meningkatkan  keterampilan sainsnya sementara 81,25% atau sekitar 13 orang anak didik masih kurang atau belum optimal dalam keterampilan sains sehingg masih perlu ditingkatkan oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sains anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan eksperimen hujan pelangi di TK PGRI Wary dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini 16 orang anak didik dari 11 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki anak usia 5-6 tahun yang dilakukan pada bulan oktober 2024. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I, tingkat keberhasilan peserta didik dalam menguasai keterampilan sains mencapai 68,75%, sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan pencapaian sebesar 93,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen hujan pelangi dapat meningkatkan keterampilan sains anak, terutama dalam hal pengamatan, pengenalan fenomena alam, dan pemecahan masalah sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen berbasis tindakan kelas dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan keterampilan sains pada anak usia dini.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Murniati, W. O., Usman, U., Risnajayanti, R., Rohmiati, R., Hermanto, H., & Amaluddin, R. (2025). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN EKSPERIMEN HUJAN PELANGI. Edum Journal, 8(1), 60–76. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.295