EKSPLORASI PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AMALIA MANDARA MENDIDOHA

Authors

  • Dista Putri Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Usman Usman Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Nurul Idhayani Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.269

Keywords:

eterampilan bahasa anak usia dini, kegiatan bermain peran, pengembangan kosakata, kemampuan naratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran bermain peran dalam meningkatkan keterampilan bahasa anak usia dini. Latar belakang penelitian ini berawal dari pentingnya pengembangan bahasa sejak dini, yang mempengaruhi kemampuan komunikasi dan sosial anak di masa depan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana bermain peran dapat mendukung perkembangan bahasa, terutama dalam meningkatkan kosa kata, struktur kalimat, dan kemampuan naratif anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kegiatan bermain peran terhadap peningkatan keterampilan bahasa anak di TK Amalia Mandara Mendidoha. Pembahasan penelitian ini melibatkan teori-teori perkembangan bahasa, khususnya yang terkait dengan permainan kooperatif dan interaksi sosial dalam konteks bermain peran. Berdasarkan temuan, bermain peran terbukti efektif dalam memperkaya keterampilan verbal anak dan meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berkomunikasi. Rekomendasi yang diberikan adalah agar kegiatan bermain peran lebih sering diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mendukung perkembangan bahasa anak. Kesimpulannya, bermain peran merupakan metode yang sangat efektif dalam memperkaya kemampuan bahasa anak usia dini dan mendukung perkembangan sosial mereka.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Putri, D., Usman, U., & Idhayani, N. (2025). EKSPLORASI PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AMALIA MANDARA MENDIDOHA. Edum Journal, 8(1), 106–123. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.269

Most read articles by the same author(s)