PENGARUH MODEL PBL DENGAN PPT INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA TEMATIK KELAS V DI SD

Authors

  • Dina Martha Fitri Universitas Lampung
  • Amanda Surya Widiyati Universitas Lampung
  • Sheren Dwi Oktaria Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i2.239

Keywords:

Berfikir Kritis, Problem Based Learning, PPT Interaktif

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Hargomulyo.     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning dengan PPT Interaktif terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik kelas V SD dan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design. Pengujian hipotesis yang pertama untuk melihat pengaruh menggunakan uji regresi linear sederhana, kemudian untuk melihat adanya perbedaan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan yaitu lebih dari 60 % dari model Problem Based Learning dengan PPT Interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Hargomulyo

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Fitri, D. M. ., Widiyati , A. S. ., & Oktaria, S. D. (2024). PENGARUH MODEL PBL DENGAN PPT INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA TEMATIK KELAS V DI SD. Edum Journal, 7(2), 182–192. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i2.239