PENGARUH MODEL PBL DENGAN PPT INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA TEMATIK KELAS V DI SD
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i2.239Keywords:
Berfikir Kritis, Problem Based Learning, PPT InteraktifAbstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Hargomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning dengan PPT Interaktif terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik kelas V SD dan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design. Pengujian hipotesis yang pertama untuk melihat pengaruh menggunakan uji regresi linear sederhana, kemudian untuk melihat adanya perbedaan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan yaitu lebih dari 60 % dari model Problem Based Learning dengan PPT Interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Hargomulyo