PENGARUH KONSEP DIRI DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Khamim SMK Dinamika
  • Wresni Pujiyati Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i2.15

Keywords:

Konsep Diri, Kompetensi Pedagogik, Kualitas Proses Pembelajaran

Abstract

Fokus utama penelitian ini adalah pada konsep diri dan kompetensi pedagogik guru serta pengaruhnya terhadap kualitas proses pembelajaran baik parsial maupun ganda. Metode penelitian yang digunakan yakni metode survey di mana penulis terjun langsung ke tataran empirik dengan menyebarkan angket terhadap 47 orang guru. Teknik pengolahan dan analisis yang digunakan adalah regresi linier dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri guru terhadap kualitas proses pembelajaran; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas proses pembelajaran; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap kualitas proses pembelajaran. Oleh karenanya, penulis menyarankan: (1) Agar guru memperbaiki kesehatan dan penampilan karena hasil penelitian menunjukkan bahwa kelemahan konsep diri guru adalah pada penampilan dan arti penting tubuh. Sehingga guru perlu diberikan pencerahan yang berkaitan dengan cara memelihara kesehatan dan kebugaran melalui dilaksanakannya senam bersama atau melaksanakan diskusi kelompok berkaitan dengan diit mempertahankan tubuh yang prima. (2) Untuk menghadapi persaingan ke depan dan meningkatkan mutu pendidikan dipandang perlu meningkatkan lagi kompetensi pedagogik guru terutama yang berkaitan dengan perencanaan dan evaluasi pembelajaran.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Khamim, & Pujiyati, W. (2018). PENGARUH KONSEP DIRI DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN. Edum Journal, 1(2), 109–120. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i2.15

Issue

Section

Articles