BERTAHAN DI MASA PANDEMI: PENDEKATAN MENGAJAR GURU DI DAERAH TERPENCIL

Authors

  • Nelfi Nelfi Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Nasir Nasir Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Apriani Safitri Prodi Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.134

Keywords:

remote area, hybrids, offline, online, teacher teaching approach

Abstract

Virus corona (covid 19) mengakibatkan adanya perubahan dalam dunia pendidikan dari pembelajaran tatap muka menjadi jarak jauh sehingga menuntut adanya sebuah trasformasi digital dengan menggunakan media teknologi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang dapat memberikan informasi terkait dengan pendekatan yang dilaksanakan pada masa covid 19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendekatan yang digunakan guru dalam mengajar di masa pandemi covid 19 di SMP pada daerah terpencil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan (orang yang diwawancarai) adalah 3 orang kepala sekolah dan 18 orang guru. Selain itu, peneliti juga menggunakan angket untuk memperoleh data tentang nama guru, usia, lokasi sekolah, jenjang pendidikan terakhir, jenis kelamin guru, strategi pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan guru selama masa pandemi. Analisis data menggunakan prosedur interasis analisis, meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa pendekatan mengajar guru di daerah terpencil yaitu strategi offline, online dan hybrid. Di samping itu, peneliti juga menemukan bahwa usia guru menentukan strategi pembelajaran yang digunakan

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Nelfi, N., Nasir, N., & Safitri, A. (2023). BERTAHAN DI MASA PANDEMI: PENDEKATAN MENGAJAR GURU DI DAERAH TERPENCIL. Edum Journal, 6(1), 138–150. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.134