SAMATURU: MENSTIMULASI SPIRIT KOLABORASI GURU UNTUK MELAKSANAKAN LESSON STUDY
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v2i2.49Keywords:
Kearifan Lokal, Lesson study, SamaturuAbstract
Berawal dari fakta guru-guru yang mengisolasi diri untuk berinterkasi dengan guru lain; tidak mau berbagi (sharing pengalaman) dan enggan bekerja sama menyelesaikan masalah pembelajaran, maka penelitian ini dilakukan untuk memahami nilai-nilai budaya Samaturu sehingga semangat kolaborasi guru memulai lesson study bisa tumbuh. Dengan menggunakan teori Dick & Carey, pendekatan semi research and development dipilih untuk memformulasi Model hipotetik Lesson Study berdasarkan Spirit Samaturu. Peneliti menggunakan study pustaka dan study lapangan; melakukan wawancara kepada beberapa informan yang terdiri dari tokoh masyarakat lokal, dan administrator sekolah. Data yang dikumpukan kemudian dianalisa secara sejajar; membandingkan data lapangan dan penelitian-penelitian terdahulu. Penelitian ini menyimpulkan jika budaya Samaturu mengandung nilai semangat kerjasama, tolong menolong, ikhlas dan lain-lain. Mengekstraksi nilai Samaturu akan bermanfaat untuk menumbuhkan semangat kolaborasi guru-guru. Samaturu mengajarkan kepada guru-guru agar dapat berkontribusi pada kegiatan lesson study menurut kemampuan masing-masing; berdasarkan keikhlasan dan suka rela, tanpa pamrih, dan meyakini jika kerja atau usaha tersebut bermanfaat bagi kepentingan bersama.