MANAJEMEN BELAJAR DARING STRATEGI DAN IMPLEMENTASI DI SEKOLAH LABORATORIUM PERCONTOHAN UPI
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i1.79Keywords:
Manajemen Belajar Daring, Strategi dan ImplementasiAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan strategi dan implementasi pembelajaran daring disekolah, memperkuat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan adaptasi orang tua dan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Urgensi dari penelitian yang akan dilaksanakan adalah adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua siswa melaksanakan kegiatan belajar dari rumah (BDR) sehingga dengan adanya manajemen belajar daring melalui strategi dan implementasi yang tepat disekolah, diharapkan pembelajaran daring menjadi lebih menyenangkan dan dapat menjadi solusi dalam optimalisasi belajar dari rumah (BDR). Penelitian ini menggunakan metode manajemen strategi dan implementasi dalam 4D yang terdiri dari tahap 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan); dan 4) disseminate (penyebarluasan).