PENGARUH MANAJEMEN PEMBIAYAAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP ETOS KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SEWILAYAH KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH (K3S) V KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i1.78Keywords:
Manajemen Pembiayaan, Sarana Prasarana, Etos Kerja GuruAbstract
Abstrak,
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran aktual mengenai pengaruh manajemen pembiayaan dan sarana prasarana terhadap etos kerja guru di sekolah menengah atas sewilayah kelompok kerja kepala sekolah (K3S) V Kabupaten Indramayu. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 142 orang, dengan mengambil sampel penelitian sebanyak 60 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling. Pengolahan data untuk menganalisa hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS Windows Versi 22. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan pada variabel manajemen pembiayaan (X1) mempunyai hubungan positif terhadap etos kerja guru (Y) sebesar 0,155, angka signifikansi sebesar 0,236 dan besaran pengaruhnya (koefisien determinasi) sebesar 2,4 %. Pada variabel manajemen sarana prasarana (X2) mempunyai hubungan positif terhadap etos kerja guru (Y) sebesar 0,778 angka signifikansi sebesar 0,000 dan besaran pengaruhnya (koefisien determinasi) sebesar 60,5 %. Hasil analisis regresi berganda pada variabel manajemen pembiayaan (X1) dan manajemen sarana prasarana (X2) secara bersama-sama terhadap etos kerja guru (Y) menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan sebesar 60,7%. Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk meningkatan manajemen pembiayaan dan sarana prasarana demi meningkatkan etos kerja guru sesuai dengan harapan peserta didik dan orang tua murid.