KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN KENYAMANAN BEKERJA DI SEKOLAH: STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU

Authors

  • Kholifatul Husna Asri SMK IT Napala

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i1.77

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sekolah, Kenyamanan Bekerja

Abstract

Lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan memungkinkan guru untuk dapat bekerja optimal. Dalam menciptakan lingkungan kerja yang baik dan nyaman dibutuhkan kesadaran dan kepemahaman kepala sekolah terhadap lingkungan kerja di sekolah dan SDM yang berada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman di SMP IT Al Madinah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SMP IT Al Madinah Bogor. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, telaah dokumen dan FGD. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah memiliki tugas dan peranan yang besar dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman di sekolah. Lingkungan kerja yang mampu mengoptimalkan guru dalam melaksanakan tugas. Beberapa upaya yang dilakukan kepala sekolah yaitu 1) Kepala sekolah memberikan kesempatan yang luas kepada guru untuk memberikan kontribusi positif kepada sekolah, 2) Kepala sekolah menekankan pada hubungan komunikasi interpersonal dan informal, dan 3) kerjasama tim.

Downloads

Published

2021-05-15

How to Cite

Husna Asri, K. (2021). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN KENYAMANAN BEKERJA DI SEKOLAH: STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU. Edum Journal, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i1.77