APAKAH KEBIJAKAN REKRUTMEN PESERTA DIDIK DAN MANAJEMEN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Hendi Rohaendi SMA Negeri 1 Anjatan Indramayu- Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v3i1.59

Keywords:

Rekrutmen Peserta Didik, Manajemen Sarana Prasarana, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran aktual mengenai pengaruh kebijakan rekrutmen peserta didik dan manajemen sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa di SMA. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Selain itu teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel rekrutmen peserta didik (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 2,4%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan dari variabel manajemen sarana prasarana (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 60,5%, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel rekrutmen peserta didik (X1) dan manajemen sarana prasarana (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 60,7%. Berdasarkan penelitian ini disarankan untuk meningkatan pelayanan dalam kegiatan rekrutmen peserta didik dan peningkatan dalam pengelolaan manajemen sarana prasarana demi untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa sesuai dengan harapan orang tua dan tujuan sekolah.

 

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Rohaendi, H. (2020). APAKAH KEBIJAKAN REKRUTMEN PESERTA DIDIK DAN MANAJEMEN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS . Edum Journal, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v3i1.59