DESIGNING A STAKEHOLDER ENGAGEMENT MODEL IN EDUCATIONAL POLICY DECISION-MAKING: A CRITICAL LITERATURE REVIEW

Authors

  • Iman Cahyanto Universitas Wiralodra
  • Luthfi Faisal Natsir Universitas Wiralodra
  • Tofan Hidayat Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.327

Keywords:

Keterlibatan Pemangku Kepentingan, Kebijakan Pendidikan, Model Transformative

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang model keterlibatan pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan kebijakan pendidikan melalui pendekatan kajian literatur kritis. Pengumpulan data fokus pada literatur yang bereputasi scopus. Hasil dari analisis terhadap lima artikel utama yang mengungkapkan bahwa keterlibatan stakeholders yang bersifat transformatif, terstruktur secara multi-level, dan berbasis bukti kontekstual menjadi faktor kunci dalam meningkatkan legitimasi dan efektivitas kebijakan. Model Transformative Stakeholder Engagement Framework (TSEF) yang diusulkan dalam studi ini mengintegrasikan prinsip kolaborasi substantif, tata kelola multi-level, berdasarkan data empiris lokal dengan mempertimbangkan prinsip keadilan sosial. Model ini menawarkan pendekatan partisipatif yang adaptif terhadap dinamika sosial serta mampu menjawab kebutuhan dalam penyusunan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Rekomendasi untuk penelitian mendatang adalah menguji penerapan TSEF di berbagai konteks lokal Indonesia melalui studi lapangan berbasis metode campuran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wacana akademik dan memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan kebijakan pendidikan di Indonesia.

 Kunci : keterlibatan pemangku kepentingan, kebijakan pendidikan, model transformative

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Cahyanto, I., Natsir, L. F., & Hidayat, T. (2025). DESIGNING A STAKEHOLDER ENGAGEMENT MODEL IN EDUCATIONAL POLICY DECISION-MAKING: A CRITICAL LITERATURE REVIEW. Edum Journal, 8(1), 153–168. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.327