MANAJEMEN INOVASI PENDIDIKAN DALAM MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR: PELUANG DAN TANTANGAN SDN 1 BUMI DIPASENA MULYA
DOI:
https://doi.org/10.31943/edumjournal.v8i1.296Keywords:
Manajemen Inovasi, Teknologi Digital, Pendidikan Dasar, Peluang, TantanganAbstract
Penelitian dilakukan di SDN 1 Bumi Dipasena Mulya karena sekolah ini terletak di daerah terpencil dengan keterbatasan infrastruktur dan sumber daya, namun tetap berupaya mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran. Kondisi unik tersebut menjadikan sekolah ini sebagai lokasi yang relevan untuk mengkaji secara mendalam strategi manajemen inovasi dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang integrasi teknologi. Penelitian ini mengkaji manajemen inovasi pendidikan dalam mengintegrasikan teknologi digital di SDN 1 Bumi Dipasena Mulya. Fokus utama penelitian adalah mengidentifikasi peluang dan tantangan yang dihadapi dalam proses integrasi teknologi digital. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan partisipan menggunakan purposive sampling, yaitu sebanyak 6 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang utama integrasi teknologi meliputi peningkatan kualitas pembelajaran, akses ke sumber belajar yang lebih luas, dan pengembangan keterampilan abad ke-21. Namun, tantangan utama meliputi keterbatasan infrastruktur, kurangnya kompetensi guru dalam teknologi, dan resistensi terhadap perubahan. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan efektivitas manajemen inovasi pendidikan di sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Universitas Wiralodra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.