ANALISIS IMPLEMENTASI TUPOKSI MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KUNIR

Authors

  • Muhamad Apit IAIN Syekh Nurjati, Cirebon
  • Suklani Suklani IAIN Syekh Nurjati, Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i1.162

Keywords:

Tupoksi Madrasah, Proses, Tugas, Produk

Abstract

ABSTRAK

Dalam konteks manajemen dan administrasi pendidikan. Memahaimi secara mendalam bagaimana madrasah mengimplementasikan Tupoksi yang telah ditetapkan, dengan mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang implementasi Tupoksi di madrasah serta memberikan kontribusi positif terhadap upaya perbaikan dan pengembangan lembaga pendidikan tersebut.

Makalah analisis implementasi Tupoksi madrasah, pemilihan metode penelitian sangat penting untuk mendapatkan data yang relevan dan akurat. Berikut adalah beberapa Teknik pengumpulan data. 1). Wawancara Metode   wawancara   digunakan  untuk  memperoleh   keterangan   terkait   tujuan penelitian   dengan   cara   Tanya   jawab   sambil   bertatap   muka   antara pewawancara dengan responden/ orang yang di wawancarai, denganatau   tanpa menggunakan   pedoman   (guide)   wawancara.

Dalam wawancara  tersebut biasa dilakukan  secara individu maupun  dalambentuk   kelompok,  sehingga di   dapat   data   informatik   yang  orientik (Iryana dan Kawastanti, 2016). 2). Metode Dokumentasi Metode dokumentasi dilakukan sebagai proses pengumpulan   data dalam   penyelidikan   atau   penelitian   yang   berbentuk   dokumen dokumen untuk memperoleh beberapa keterangan atau informasi yang diperoleh,   termasuk   catatan-catatan   penting   pelaksanaan   proseskegiatan belajar terkait dengan proses pendidikan. (Sugiyono 2018:476)

tupoksi madrasah, proses, tugas, produk

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Apit, M. ., & Suklani, S. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI TUPOKSI MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KUNIR. Edum Journal, 7(1), 58–70. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v7i1.162