PENGARUH BUDAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI PESERTA PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI

Authors

  • Anis Setiawati FKIP Untirta
  • Sudadio Sudadio FKIP Untirta
  • Dadan Darmawan FKIP Untirta

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i2.146

Keywords:

Budaya Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganilis pengaruh budaya belajar dan motivasi belajar terhadap efikasi diri peserta pelatihan. Populasi terdiri dari peserta pelatihan yang tergabung dalam program PBK (Pelatihan Berbasis Kompetensi) tahun 2023 yang berjumlah 192 orang, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik slovin dengan tingkat kesalahan 5% yaitu sebanyak 130 orang. Latar belakang penelitian ini yaitu terdapat adanya indikasi permasalahan pada beberapa peserta pelatihan yang tidak menyukai budaya belajar dalam proses pelatihannya sehingga motivasi belajar dari peserta pelatihan berkurang dan berdampak pada efikasi diri peserta pelatihan, yang mana efikasi diri sangatlah berperan penting sebagai modal untuk memasuki dunia kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS-25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) budaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri peserta pelatihan, 2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri peserta pelatihan, 3) budaya belajar dan motivasi belajar secara simultan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap efikasi diri peserta pelatihan berbasis kompetensi.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Setiawati, A. ., Sudadio, S., & Darmawan, D. . (2023). PENGARUH BUDAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EFIKASI DIRI PESERTA PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI. Edum Journal, 6(2), 1–17. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i2.146