PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SEMUA ORANG GURU SEMUA ORANG MURID PADA SANTRI KELAS 6 MI HUMAIRA KOTA BENGKULU

Authors

  • Muhammad Kristiawan Universitas Bengkulu, Jl. W.R.Supratman, Kandang Limun, Bengkulu, Indonesia
  • Nadia Nur Ifani Humaira Madrasahku

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.133

Keywords:

Hasil belajar, Semua Guru Semua Murid, Aqidah Akhlak

Abstract

Pembelajaran secara teori tanpa dibarengi dengan pembelajaran praktek akan mengurangi kebermaknaan belajar. Hal ini berakibat pada nilai ulangan akhir siswa yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VI MI Humaira dengan menggunakan strategi pembelajaran All Teacher All Student. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI A MI Humaira dengan menggunakan metode Model Collection Action Research (CAR) Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan. Yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Semua Guru Dan Semua Siswa efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas enam A MI Humaira tahun pelajaran 2021/2022. Hasil belajar kelas VI A MI Humaira' pada siklus I sebesar 73%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89%, sehingga menunjukkan peningkatan sebesar 16%. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran All Teacher All Student kelas VI MI Humaira’ Mata Pelajaran Aqidah Akhlak merupakan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk hasil belajar siswa

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Kristiawan, M., & Nur Ifani, N. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SEMUA ORANG GURU SEMUA ORANG MURID PADA SANTRI KELAS 6 MI HUMAIRA KOTA BENGKULU. Edum Journal, 6(1), 151–161. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.133