KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN DEMOKRATIK KEPALA SEKOLAH DAN FUNGSI KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SITI ARMILAH KECAMATAN DAWUAN KABUPATEN MAJALENGKA

Authors

  • Asep Iman Sosanto SD Negeri Babakananyar 1 Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka - Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i2.128

Abstract

ABSTRAK

Guru sebagai tombak terdepan dalam organisasi sekolah menjadi salah satu tolak ukur dalam menilai keberhasilan sekolah dalam mendidik siswa. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa kinerja mengajar guru belum optimal. Hal tersebut diduga disebabkan oleh rendahnya kepemimpinan demokratik kepala sekolah dan fungsi kelompok kerja guru guru. Karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 56 responden yang merupakan guru Sekolah Dasar Gugus Siti Armilah di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan demokratik kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Gugus Siti Armilah di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, (2) Fungsi kelompok kerja guru berkontribusi terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Gugus Siti Armilah di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, (3) Kepemimpinan demokratik kepala sekolah dan fungsi kelompok kerja guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja Sekolah Dasar Gugus Siti Armilah di Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini diharapkan pimpinan dapat memberikan ruang atau sarana agar guru agar dapat menuangkan ide dan gagasan mereka. Tidak hanya untuk program dimasa yang akan datang melainkan juga agar guru mendapatkan tempat untuk mengutarakan kesulitan-kesulitan yang ditemui. Mengembangkan fungsi kelompok kerja guru dengan memberikan waktu khusus dan berkelanjutan untuk mendiskusikan permasalahan yang ditemukan dalam pekerjaan termasuk didalamnya hal-hal yang berkaitan dengan mendiskusikan kesulitan dalam pembelajaran. Menerapkan kedua saran diatas dengan harapan kinerja mengajar guru akan menjadi lebih optimal.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Sosanto, A. I. (2022). KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN DEMOKRATIK KEPALA SEKOLAH DAN FUNGSI KELOMPOK KERJA GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SITI ARMILAH KECAMATAN DAWUAN KABUPATEN MAJALENGKA. Edum Journal, 5(2), 267–282. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i2.128