PENGARUH MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Elka Asmartuti Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Indramayu - Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.118

Keywords:

Kemampuan Manajerial, Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Abstrak-Mutu sekolah yang berstandar nasional merupakan tujuan yang harus dicapai oleh satuan pendidikan. Karena mutu sekolah yang bagus mencerminkan operasional pendidikan telah berlangsung sangat baik serta dapat merubah perilaku siswa menjadi lebih baik sesuai tingkatannya. Salah satu aspek untuk mewujudkan sekolah yang bermutu tinggi adalah prestasi belajar siswa. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya, kemampuan manajerial kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis keberpengaruhan kemampuan manajerial kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa baik parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 50 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama (simultan) terhadap prestasi belajar siswa. Beranjak dari kondisi tersebut, penulis menyarankan: (a) Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi paling lemah dari variabel kemampuan manajerial kepala sekolah adalah dimensi pengawasan. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dihimbau agar kepala sekolah meningkatkan pengawasan melalui pembenahan berbagai petunjuk pelaksanaan kerja (standard operation procedure) untuk segala kegiatan di sekolah agar guru dan tenaga kependidikan melaksanakan pekerjaannya sesuai prosedur yang ada, sehingga dapat meminimalisir kesalahan. (2) Pada sisi kompetensi pedagogik guru yang dinilai masih lemah adalah dimensi evaluasi hasil belajar. Penulis menganjurkan agar dibuat standar pelaksanaan evaluasi yang dinarasikan pada rencana pelaksanaan pembelajaran, sehingga dari awal proses pembelajaran materi untuk evaluasi telah sinkron dengan materi ajar yang disampaikan.

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Asmartuti, E. (2022). PENGARUH MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA . Edum Journal, 5(1), 106–125. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.118