FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PELATIHAN PROFESI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP ETOS KERJA GURU

Authors

  • Lili Holidah Sekolah Dasar Negeri 1 Ancaran - Kuningan - Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.117

Keywords:

Fungsi kepemimpinan kepala sekolah, Pelatihan profesi, Etos kerja guru sekolah.

Abstract

ABSTRAK

Etos kerja guru di sekolah dinilai belum optimal. Melalui hasil observasi awal hal tersebut diduga disebabkan oleh rendahnya fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan pelatihan profesi. Oleh karena itu, dirasakan perlu untuk dilakukan penelitian sehingga dapat diuji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik korelasional dan regresi. Teknik pengumpulan data melalui angket skala Likert terhadap 48 responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Fungsi kepemimpinan kepala sekolah memiliki dampak terhadap etos kerja guru, (2) Pelatihan profesi memiliki dampak terhadap etos kerja guru, (3) Fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan pelatihan profesi secara bersama-sama memiliki dampak terhadap etos kerja guru. Berdasarkan temuan melalui hasil analisis maka salah satu yang dapat menjadi saran adalah dengan meningkatkan fungsi kepemimpinan kepala sekolah dan kepala sekolah menjadi katalisator bagi para guru dalam menjalankan tugas kesehariannya.Kepala sekolah diharapkan selalu memfasilitasi guru dalam meningkatkan kualitas diri dalam berprofesi. Oleh karena itu kepala sekolah juga turut mendorong guru untuk selalu terus berkembang dengan mengikuti pelatihan profesi. Kepala sekolah dapat lebih turut berperan dalam meningkatkan etos kerja guru dengan membentuk tabel waktu capaian, sehingga guru mempunyai tujuan dan atau cita-cita yang lebih terukur.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Holidah, L. (2022). FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PELATIHAN PROFESI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP ETOS KERJA GURU . Edum Journal, 5(1), 77–90. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.117