KEPEMIMPINAN OTENTIK KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU

Authors

  • Surwiti Surwiti SD Negeri 2 Mekarwangi Kabupaten Kuningan-Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.114

Keywords:

Kepemimpinan Otentik, Iklim Organisasi, Efektifitas Kerja

Abstract

Abstrak-Seiring perkembangan zaman, institusi pendidikan harus dapat menyesuaikan diri dengan dinamika yang terjadi di masyarakat serta harus berupaya selalu memperbaiki mutu dari waktu ke waktu. Sekolah bermutu perlu didukung oleh guru yang produktif dan dapat bekerja asecra efektif. Banyak faktor yang mempengaruhi efektivitas guru, di antaranya kepemimpinan otentik kepala sekolah dan iklim organisasi. Dalam penelitian ini berupaya menganalisis dan mengkaji pengaruh kepemimpinan otentik kepala sekolah dan iklim organisasi terhadao efektivitas kerja guru baik secara individual maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 80 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan otentik kepala sekolah terhadap efektifitas kerja guru. (2) Terdapat pengaruh signifikan iklim organisasi terhadap efektifitas kerja guru. (3) Terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan otentik kepala sekolah dan iklim organisasi secara simultan terhadap efektifitas kerja guru. Bertolak dari hasil kajian terhadap penelitian ini, maka dengan rendah hati penulis mengajukan saran sebagai berikut: (1) Dalam rangka meningkatkan efektivitas kerja guru melalui kepemimpinan otentik, hendaknya kepala sekolah lebih memperhatikan pemahaman terhadap emosi para guru melalui kegiatan kerokhanian. Misalnya, diadakan pencerahan keagamaan setiap bulan sekali dengan harapan secara gradual para guru lebih dapat mengendalikan emosinya. (2) Peningkatan efektivtas kerja guru melalui iklim organisasi hendaknya kepala sekolah lebih fokus untuk memberikan dukungan terhadap guru melalui pelibatan guru dalam berbagai kegiatan serta memberikan kepercayaan dan tanggung jawab lebih banyak kepada mereka, dengan harapan guru merasa eksis dan semangat kerjanya meningkat serta lebih efektif.

 

 

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Surwiti, S. (2022). KEPEMIMPINAN OTENTIK KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU . Edum Journal, 5(1), 91–105. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.114