EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP KEBIDANAN

Authors

  • Dina Martha STIKES MITRA RIA HUSADA
  • Nurul Azmi Aprianti STIKES MITRA RIA HUSADA

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.108

Keywords:

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Kooperatif, Numbered Heads Together

Abstract

ABSTRAK

Salah satu metode pembelajaran modern yang menjadikan peserta didik mandiri dalam belajar dan memiliki kemampuan bersosialisasi serta memiliki jiwa kepemimpinan adalah metode pembelajaran kooperatif yaitu Numbered Heads Together yang merupakan variasi dari diskusi kelompok dan dapat menjamin keterlibatan total. dari semua peserta didik. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif terhadap hasil belajar konsep kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran konsep kebidanan. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II STIKes Mitra RIA Husada dengan jumlah responden 52 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling tipe sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Analisis data menggunakan T-Test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan hasil aktivitas siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional diperoleh mean 59,52; Standar deviasi 7.147; Skor tertinggi 70 dan skor terendah 40. Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran NHT diperoleh rerata 60,74; Standar deviasi 5.978; Nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 48. Aktivitas siswa kelas eksperimen meningkat 100%, sedangkan peningkatan aktivitas siswa kelas kontrol 56%. Disimpulkan bahwa pembelajaran metode NHT efektif diterapkan pada pembelajaran menggunakan alat ukur dilihat dari aktivitas siswa eksperimen yang lebih baik dan berbeda nyata dengan kelas kontrol.

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Kooperatif, Numbered Heads Together

Downloads

Published

2022-04-05

How to Cite

Martha, D., & Azmi Aprianti, N. . (2022). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP KEBIDANAN . Edum Journal, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i1.108