EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TELAAH TENTANG AKSESIBILITAS, PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN ANAK PUTUS SEKOLAH DI WILAYAH URBAN FRINGE HARJAMUKTI, CIREBON

  • Fitroh Uriyalita 1Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati, Cirebon
  • Jamali Syahrodi Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati, Cirebon
  • Sumanta Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati, Cirebon
Keywords: Evaluasi Program Indonesia Pintar, anak putus sekolah, urbanfringe, PKBM

Abstract

Meskipun termasuk salah satu kawasan yang tergabung dalam mega proyek Metropolitan Cirebon Raya (MCR), Kecamatan Harjamukti tetap memiliki pekerjaan rumah untuk mengentaskan angka putus sekolah yang tinggi, terutama di wilayah pinggiran kota (urban fringe) bersama permasalahan multidimensi yang menyertai di dalamnya. Mulai dari rendahnya kesadaran akan arti pentingnya pendidikan, ekonomi, doktrin pemimpin kharitsmatik, sampai dengan kasus perundungan antarsiswa yang ditemukan di sana. Penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif sekaligus juga model evaluasi bebas tujuan (goal free evaluation) ini menggambarkan hasil evaluasi program serta menganalisis dampaknya secara integratif. Terutama untuk mengkaji tentang bagaimana Program Indonesia Pintar (PIP) yang dikelola di wilayah urban fringe Kecamatan Harjamukti ini mampu memperluas akses pendidikan yang layak, mencegah anak putus sekolah dan mengakomodir kebutuhan bagi anak-anak yang terlanjur sudah putus sekolah. Sehingga keterlibatan pemerintah, swasta dan masyarakat terutama dalam menjalankan aktivitas berdaya melalui empat pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) di Kecamatan Harjamukti.

Published
2020-11-10
How to Cite
Uriyalita, F., Syahrodi, J., & Sumanta. (2020). EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TELAAH TENTANG AKSESIBILITAS, PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN ANAK PUTUS SEKOLAH DI WILAYAH URBAN FRINGE HARJAMUKTI, CIREBON. Edum Journal, 3(2), 179-199. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v3i2.69
Section
Articles