PENGARUH PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS V PADA SD NEGERI DI KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • Komar SP

DOI:

https://doi.org/10.31943/edumjournal.v2i2.45

Keywords:

Pembinaan, Kinerja Mengajar, Kualitas Proses Pembelajaran

Abstract

Perhatian utama dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh pembinaan oleh kepala sekolah dan kinerja mengajar guru baik secara parsial maupun ganda terhadap kualitas pembelajaran siswa kelas V pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan adalah melalui pendekatan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembinaan oleh kepala sekolah terhadap kualitas proses pembelajaran (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja mengajar guru terhadap kualitas proses pembelajaran (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembinaan oleh kepala sekolah dan kinerja mengajar guru secara simultan terhadap kualitas proses pembelajaran  Berdasarkan kesimpulan yang telah disampaikan di atas, penulis menyarankan, bahwa: (1) Kepala sekolah sebagai manajer pada satuan pendidikan perlu terus meningkatkan kemampuan manajerialnya serta berusaha memberikan keteladanan bagi guru baik dari sifat maupun sikap agar dalam proses pembinaan guru lebih mudah diikuti (diteladani) oleh guru sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas proses pembelajaran. (2) Kualitas proses pembelajaran kelas V sudah termasuk baik. Tetapi hendaknya terus ditingkatkan dan diekstensifkan juga dengan tingkatan kelas lainnya.

Downloads

Published

2019-11-07

How to Cite

Komar SP. (2019). PENGARUH PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS V PADA SD NEGERI DI KECAMATAN CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. Edum Journal, 2(2), 133–144. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v2i2.45