PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU LULUSAN SISWA SMP NEGERIDI SEKTOR VKABUPATEN INDRAMAYU

  • Tarsiman Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Patrol, Indramayu
Keywords: Kompetensi Kepala Sekolah, Manajemen Pembelajaran, Mutu Lulusan

Abstract

Fenomena mutu lulusan adalah pemangku kepentingan (stakeholders) terutama orang tua siswa dan masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan. Masyarakat menilai lulusansiswasiswi SMP Negeri dapat melanjutkan sekolah kejenjang lebih tinggi,dan diharapkan tidak terseret ke pergaulan bebas seperti pelaku kriminal, pengguna obat-obat terlarang, dan prilaku asusila, karena tertanam pengetahuan afektif, kognitif, dan psikomotor dalam dirinya. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP di sektor V Kabupaten Indramayu sebanyak 410 orang dari 17 SMP Negeri. Sampel diambil sebanyak 80 orang secara proporsional sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, instrumen penilaian berbentuk kuisioner yang sudah di uji validitas dan reliabelitasnya, dengan pendekatan kuantitatif, analisis data menggunakan Sistem Program Statistic Solusion (SPSS) ver.23 utuk menentukan regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan kompetensi kepala sekolah (X1), dan manajemen pembelajaran (X2), sendiri atau bersama-sama terdapat hubungan yang positif terhadap mutu lulusan (Y). Besarnya pengaruh kompetensi kepala sekolah, manajemen pembelajaran dan masing-masing 3,9% dan 0,3%, sedangkan pengaruh dari keduanya (X1 dan X2) 4,4% terhadap mutu lulusan, sedangkan yang lainnya dipengaruhi oleh paktor lain yang tidak diteliti.

Published
2018-03-31
How to Cite
Tarsiman. (2018). PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU LULUSAN SISWA SMP NEGERIDI SEKTOR VKABUPATEN INDRAMAYU . Edum Journal, 1(1), 33-40. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i1.39
Section
Articles