EFEKTIVITAS SEKOLAH: KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH

  • Rinel Sekolah Menengah Atas Haurgeulis, Indramayu
Keywords: Efektivitas Sekolah, Kepemimpinan Visioner, Iklim Sekolah

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap sekolah efektif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Gugus Kendali Tugas (Guligas IV) Kabupaten Indramayu. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori kepemimpinan visioner, teori iklim sekolah dan teori sekolah efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan angket. Responden berjumlah 72 orang dari SMA negeri dan swasta yang ada di Guligas IV Kabupaten Indramayu. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner divalidasi dengan menggunakan analisis butir Korelasi Pearson dan reabilitas total butir menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan regresi tunggal dan regresi ganda dengan bantuan SPSS versi 24 for Windows. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap terwujudnya efektivitas sekolah di SMA Se-Guligas IV Kabupaten Indramayu dengan besaran pengaruh 33,9%; 2.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada iklim sekolah terhadap terwujudnya efektivitas sekolah di SMA SeGuligas IV Kabupaten Indramayu dengan besaran pengaruh 43,1%; 3.Terdapat pengaruh . yang positif dan signifikan pada kepemimpinan visioner kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap terwujudnya efektivitas sekolah di SMA Se-Guligas IV Kabupaten Indramayu dengan besaran 58,2%.

Published
2018-03-31
How to Cite
Rinel. (2018). EFEKTIVITAS SEKOLAH: KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH . Edum Journal, 1(1), 24-32. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i1.37
Section
Articles