SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DILIHAT DARI PRODUKTIVITAS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Dadang Dadang Universitas Wiralodra
Keywords: Supervisi Akademik, Motivasi Berprestasi, Produktivitas Kerja

Abstract

Perhatian utama pembahasan dalam penelitian ini adalah menyangkut supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi berprestasi serta pengaruhnya terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu baik secara parsial maupun ganda. Metode penelitian menggunakan metoda survey terhadap guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Teknik pengumpulan data, selain melaksanakan observasi langsung, mengadakan wawancara dengan pihak terkait, dan menyebarkan angket terhadap 59 orang responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi parsial adalah sebesar 16,2 %, sementara selebihnya sebanyak 83,8 % merupakan pengaruh lain. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi parsial adalah sebesar 31,6 %, sementara selebihnya sebanyak 68,4 % merupakan pengaruh lain. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara simultan terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Adapun besaran pengaruhnya setelah melalui perhitungan regresi ganda adalah sebesar 36,9 %, sementara selebihnya sebanyak 63,1 % merupakan pengaruh lain.

Published
2018-03-30
How to Cite
Dadang , D. (2018). SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DILIHAT DARI PRODUKTIVITAS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Edum Journal, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i1.32
Section
Articles